Wellcome to Our Blog For The Better Future...

" Sukses tidak diukur dari posisi yang dicapai seseorang dalam hidup, tapi dari kesulitan-kesulitan yang berhasil diatasi ketika berusaha meraih sukses "

~ BOOKER T WASHINGTON ~

Minggu, 03 Oktober 2010

Pencak Silat









Pencak silat atau yang biasa disebut silat, bisa dikatakan sebagai olahraga, dan juga bisa dikatakan sebagai seni. Pencak silat berasal dari budaya melayu. Pencak silat ialah sistem yang terdiri atas sikap (posisi) dan gerak-gerik (pergerakan). Ketika seorang pesilat bergerak ketika bertarung, sikap dan gerakannya berubah mengikuti perubahan posisi lawan secara berkelanjutan. Segera setelah menemukan kelemahan pertahanan lawan, maka pesilat akan mencoba mengalahkan lawan dengan suatu serangan yang cepat.


Pencak Silat sebagai olahraga beladiri besar manfaat dan faedahnya dalam pembentukan diri dan pribadi.
“Diri melihat dari bentuk fisik, yang artinya kondisi fisik sehat, sedangkan pribadi, dilihat dari segi penampilan, sikap budi, yang lebih cenderung disebut : sikap mental dan moral”.
Empat sikap watak dan perilaku yang menjadi banyak orang belajar pencak silat :
1. Akan menumbuhkan rasa jujur dan welas asih.
2. Menumbuhkan percaya pada diri sendiri sebab didasarkan pada kemampuan yang dimiliki pribadi.
3. Dalam mempelajari pencak silat akan mendalami masalah keserasian dan keselarasan gerak, dan hal ini terwujudkan dalam sikap serta penampilannya sehari-hari.
4. Bagi pesilat yang benar-benar menghayati apa yang didapatkan dari sistem pelajaran akan menimbulkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
“Kepribadian yang kuat, memahami hidup dalam kehidupan”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar